Gambaran umum

Sekilas

Tambang Batu Hijau mengawali produksi dan operasional pada tahun 2000. Hingga tahun 2020, Batu Hijau telah memproduksi sekitar

miliar pon tembaga

juta ons emas

Potensi bijih mineral tambang Batu Hijau masih melimpah dan memiliki estimasi usia tambang yang cukup panjang. Selain itu cadangan stockpile juga masih melimpah dan terus dapat diproduksi. Kami juga terus mendorong eksplorasi blok Elang untuk mendukung masa depan bisnis perusahaan.

Amman mengoperasikan fasilitas kelas dunia seperti ratusan armada truk pengangkut dan alat berat, pabrik pengolahan dengan kapasitas 120.000 ton per hari, pembangkit listrik berdaya 137 megawatt, pelabuhan dengan terminal feri, layanan transportasi udara, dan townsite yang nyaman.

Pemimpin Kami

Dewan Direksi

Presiden Direktur

Rachmat Makkasau

Presiden Direktur

Rachmat Makkasau

Rachmat Makkasau telah bekerja di industri pertambangan selama lebih dari 26 tahun dan memiliki pengetahuan bisnis yang menyeluruh – mulai dari operasional, kepemimpinan dan sumber daya manusia, hingga pengembangan bisnis. Pengalamannya di berbagai proyek pengembangan perusahaan, menjadikannya aktor sentral yang membawa stabilitas dan kredibilitas dalam proses transisi kepemilikan menuju PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Ia adalah anggota aktif dan penasihat di berbagai asosiasi industri dan pertambangan. Rachmat meraih gelar sarjana ekonomi dan magister manajemen dari Universitas Bina Nusantara.

Wakil Direktur Utama

Agus Projosasmito

Wakil Direktur Utama

Agus Projosasmito

Agus adalah seorang bankir investasi kawakan Indonesia yang memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri keuangan. Ia mengawali karier sebagai Head of Capital Markets di Danareksa (Persero) pada 1982. Kariernya yang cemerlang di industri perbankan telah membawanya menduduki berbagai posisi penting seperti Vice President Director di DBS Securities Indonesia (1992 – 1995), Managing Director di Danareksa (1995-2001), dan President Director di PT Nusantara Mahabakti (2007 – sekarang). Sebelum bergabung bersama AMMAN, Agus adalah CEO pendiri PT Ithaca Resources. Ia meraih gelar di bidang Ekonomi dari Universitas Kristen Satya Wacana sebelum menyelesaikan diplomanya di bidang Ekonomi Pembangunan dari Australian National University.

Direktur

David Gibbs

Direktur

David Gibbs

David Gibbs adalah seorang insinyur pertambangan yang memiliki 40 tahun pengalaman berskala internasional di bidang pertambangan berbagai komoditas, di antaranya tembaga-emas, berlian, uranium, batu bara (termal dan kokas), talk dan nikel laterit di berbagai perusahaan besar. Ia terlibat dalam penambangan bawah tanah dan tambang terbuka, terutama di Afrika Selatan, Namibia, Papua Nugini, Australia, Thailand, dan Indonesia. David memegang posisi dalam manajemen studi kelayakan, perencanaan tambang, operasi, program peningkatan produktivitas/pengurangan biaya, penelitian due diligence, perencanaan strategis dan evaluasi/pengembangan proyek. Ia meraih gelar BSc Hons di bidang teknik pertambangan, Sertifikat Manajer Tambang Kelas Satu (Australia Barat) dan Sertifikat Manajer Tambang (Afrika Selatan), dan dia adalah salah satu anggota dari The Royal School of Mines (ARSM) dan Chartered Engineer (C Eng).

Direktur

Dr. Naveen Chandra Lal

Direktur

Dr. Naveen Chandra Lal

Dr. Naveen Chandra Lal memiliki pengalaman eksekutif berskala global lebih dari 25 tahun dalam operasi pertambangan, perdagangan komersial dan komoditas, akuisisi, merger dan pengembangan strategis. Ia memiliki pengalaman mendalam dalam mengelola portofolio berbagai industri. Sebelum bergabung dengan Amman pada tahun 2016, Dr. Naveen merupakan CEO RAK Minerals and Metals Investments FZC, Uni Emirat Arab dari tahun 2008 hingga 2012, sebelum menjadi Presiden Direktur Trimex International Indonesia dari tahun 2012 hingga 2016. Ia meraih gelar magister dalam bidang kimia dan gelar doktor dari Jadavpur University, India. Dr. Naveen juga meraih gelar dari Advanced Management Program Harvard Business School.

Direktur

Aditya Sasmito

Direktur

Aditya Sasmito

Aditya Sasmito memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di berbagai bidang, termasuk sebagai konsultan dan bankir, yang mencakup berbagai industri (pertambangan, logistik, utilitas, perkebunan, telekomunikasi, manufaktur, dan perbankan). Ia berpengalaman dalam memberikan konsultasi perencanaan bisnis, peninjauan kinerja bisnis, financial modeling, valuasi bisnis, studi market-entry, due diligence, transaksi, credit reviews dan manajemen hubungan perbankan. Pada tahun 2017, Aditya bergabung bersama Amman dan memperoleh pengalaman signifikan dalam industri pertambangan, mengawasi departemen pelabuhan/logistik, inventaris, komunikasi perusahaan dan teknologi informasi.

Direktur

Irwin Wan

Direktur

Irwin Wan

Irwin memiliki pengalaman berskala global di bidang pertambangan, pengerjaan tanah, dan sektor teknik, bertanggung jawab dalam hal teknis, operasional, bisnis, hingga manajemen selama dua dekade. Irwin bergabung bersama Amman pada tahun 2016 dan berperan penting dalam proses transformasi operasional dan budaya saat transisi kepemilikan perusahaan. Sebelum bergabung bersama Amman, Irwin menduduki berbagai posisi senior dalam manajemen Leighton (Thiess) Contractors. Ia merupakan penasihat teknik untuk HKND Group di proyek Nicaragua Grand Canal – yang pada saat itu merupakan proyek pekerjaan tanah dan infrastruktur terbesar di dunia. Sebelumnya, Irwin merupakan Direktur Proyek dan Kepala Pertambangan untuk Hunnu Coal Limited yang terdaftar di ASX dan Banpu perusahaan energi yang terdaftar di SET, yang memiliki dan mengoperasikan tambang batubara kokas di Mongolia. Irwin merupakan anggota dari Australian Institute of Mining and Metallurgy dan memiliki kualifikasi sebagai Competent Person untuk pelaporan JORC Code. Irwin memiliki dua gelar akademik di bidang teknik dengan predikat terbaik serta tiga gelar di bidang perdagangan (keuangan perusahaan, investasi keuangan, dan akuntansi) dari University of Western Australia.

Direktur

Thomas Ramlie

Direktur

Thomas Ramlie

Thomas memiliki pengalaman profesional yang beragam dari perjalanan kariernya selama lebih dari 24 tahun. Ia memulai karier di bidang keuangan terstruktur dalam perdagangan komoditas di Cargill sebelum bergabung bersama Baring Brothers Limited sebagai penasihat keuangan perusahaan dan terlibat dalam proses merger dan akuisisi, IPO, restrukturisasi utang dan secondary placement. Thomas kemudian beralih ke bidang pengadaan barang dan jasa untuk Kering Group di Prancis, salah satu grup ritel barang berharga terkemuka di dunia, sebelum membidangi konsultasi manajemen. Pada tahun 2017, Thomas bergabung bersama Amman dan menjadi bagian tim manajemen yang memimpin transformasi perusahaan di masa pengalihan kepemilikan ke AMNT. Thomas bertanggung jawab dan memimpin departemen Human Resource, procurement, transportasi, manajemen infrastruktur dan fasilitas, serta audit internal. Thomas meraih gelar sarjana ekonomi dari Tufts University dengan predikat terbaik.