PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman) menerima sejumlah penghargaan dalam ajang Good Mining Practice Award 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas komitmennya dalam melaksanakan aktivitas penambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Salah satu penghargaan yang diterima adalah Trofi Aditama yang merupakan penghargaan paling tinggi di tiap kategori. Amman meraih Trofi Aditama untuk kategori Pengelolaan Lingkungan oleh Perusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Rachmat Makkasau, menyebutkan pencapaian tersebut berkat kerja keras seluruh karyawan dan mitra bisnis, meski menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19. “Kami berkomitmen untuk melakukan praktik penambangan yang baik. Amman mengapresiasi dukungan dan bimbingan Kementerian ESDM dalam setiap tahapan operasional kami. Visi kami adalah untuk menciptakan warisan terbaik dalam segala hal yang kami lakukan, ”kata Rachmat.

Trofi level emas ini merupakan penghargaan keempat yang diperoleh perusahaan sejak tahun 2004. Selain trofi Aditama, Amman juga menerima penghargaan Trofi Utama yang merupakan level perak, bidang pengelolaan kategori konservasi mineral dan batubara.

Reklamasi dan revegetasi adalah dua contoh aktivitas pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan berbarengan dengan operasional tambang. Amman memiliki pembibitan tanaman permanen atau plant nursery dengan kapasitas 70.000-100.000 bibit setiap tahun di area konsesi. Pembibitan ini digunakan untuk penghijauan kembali di areal reklamasi seluas 95 hektar. Untuk mengendalikan erosi tanah, Amman menggunakan sabut kelapa atau coconets dan memadukannya dengan metode hydroseeding.

Dalam sambutannya pada acara Penganugerahan Good Mining Practice yang digelar pada Selasa (29/9), Menteri ESDM Arifin Tasrif memaparkan tujuan utama dari penghargaan ini. “Saya berharap semua perusahaan yang menerima penghargaan tetap konsisten dan menjadi panutan bagi perusahaan yang lain,” kata Arifin.

Trofi Aditama menambah daftar prestasi yang diraih Amman dalam menjalankan praktik pertambangan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sebelumnya, Amman telah meraih PROPER Hijau (Program Peringkat Kinerja Perusahaan) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebanyak tujuh kali. KLHK memberikan PROPER Hijau kepada perusahaan yang melampaui standar pemerintah dalam pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat lokal. Selain itu, KLHK memberikan Amman Penghargaan Inspirator Hutan Hijau pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, perusahaan memenangkan Penghargaan Global CSR Summit & Good Governance Awards yang diselenggarakan oleh Pinnacle Group International di Serawak, Malaysia.