Di tengah tekanan pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia mencatat kinerja yang sangat baik dari sektor pertambangan. Salah satu contohnya adalah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), di mana realisasi investasi dan produktivitas dari sektor pertambangan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian NTB. Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), H Mohammad Rum, dari total investasi yang sudah masuk ke NTB pada Triwulan pertama (TW I), sebanyak 50 persen berasal dari sektor pertambangan.

Sektor pertambangan memang tak lepas dari fondasi ekonomi provinsi NTB. Di triwulan II 2020, sektor pertambangan dan penggalian yang tumbuh sebesar 47,78 persen mampu menahan laju penurunan ekonomi NTB. Pada triwulan II, ekonomi NTB kontraksi 1,4 persen, namun tanpa sektor pertambangan dan penggalian, kontraksi akan lebih dalam lagi hingga mencapai 7,97 persen. Tambang Batu Hijau milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman) menjadi kontributor utama pada pertumbuhan sektor pertambangan di NTB. Di masa pandemi COVID-19, produktivitas Amman justru meningkat, melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam upaya melindungi karyawannya. Pada periode tersebut, Amman berhasil meningkatkan produktivitas termasuk produktivitas operasional shovel hingga 46 persen dan truk hingga 25 persen.

“Kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di tambang Batu Hijau menjadi kunci untuk mencegah penyebaran virus ke dalam site, sehingga kami bisa meningkatkan produktivitas dengan rasa aman. Kami sangat bangga melihat seluruh karyawan dan mitra bisnis yang begitu mendukung dan adaptif terhadap situasi ini,” ucap Kartika Octaviana, Head of Corporate Communications Amman.

Sebagai bagian dari protokol pencegahan COVID-19, seluruh karyawan dan mitra bisnis wajib melalui karantina mandiri selama 2 minggu di fasilitas yang disediakan perusahaan sebelum memasuki tambang Batu Hijau. Amman bekerja sama dengan sejumlah hotel di Mataram untuk fasilitas isolasi mandiri terpusat ini. Kolaborasi tersebut juga dapat membantu roda perekonomian lokal di bidang pariwisata yang sangat terdampak pandemi. Sejumlah tes skrining COVID-19 juga dilakukan agar dapat dipastikan bahwa semua orang yang memasuki site Batu Hijau berada dalam kondisi sehat dan bebas dari COVID-19. Dengan berbagai protokol kesehatan ini, Amman terus berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehingga memotivasi seluruh karyawan untuk berkontribusi terbaik dalam pekerjaan.