Cadangan Tambang Batu Hijau & Proyek Elang

Statistik Kunci

Area Konsesi

Hektar

Tembaga

Miliar Pon
JORC Report 2021

Emas

Juta Ons
JORC Report 2021

SUMBER DAYA BERHARGA

Tembaga

Produk utama tambang Batu Hijau adalah konsentrat tembaga, material yang sangat penting peranannya untuk menopang kehidupan dunia modern saat ini. Mulai dari kabel listrik, komponen perangkat elektronik, hingga peralatan antibakteri di rumah sakit, seluruhnya menggunakan komponen tembaga yang cukup signifikan. Perkembangan teknologi hijau yang semakin pesat pun terus meningkatkan permintaan akan tembaga secara signifikan.

Emas

Selain tembaga, AMMAN juga merupakan produsen emas terbesar kedua di Indonesia. Emas banyak digunakan untuk perhiasan, selain karena keindahannya, juga karena ketahanannya terhadap noda dan korosi. Selain itu, emas juga menjadi alat investasi yang cukup popular karena dinilai memiliki ketahanan terhadap gejolak ekonomi. Tak hanya itu, sifat penghantar panas dan listrik yang unggul membuat emas juga jamak digunakan di berbagai industri, elektronik, dan medis.

UNIT USAHA

01

Amman Mineral Nusa Tenggara

Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) berdiri pada tanggal 18 November 1986 dan merupakan perusahaan yang mengoperasikan tambang, termasuk penambangan dan pemrosesan bijih, serta fasilitas pendukung lainnya seperti pembangkit listrik di Batu Hijau. Selain itu, AMNT juga melakukan eksplorasi di Cebakan Elang. AMNT telah mulai melakukan kegiatan komersial pada tahun 2000.

02

Amman Mineral Integrasi

Amman Mineral Integrasi (AMIG) berdiri pada tanggal 10 November 2017 dan merupakan perusahaan yang menyediakan tenaga professional dan terampil untuk pertambangan dan departemen pendukung, serta melakukan manajemen fungsi sumber daya manusia. AMIG mulai melakukan kegiatan komersialnya pada tahun 2018.

03

Amman Mineral Industri

Amman Mineral Industri (AMIN) berdiri pada tanggal 24 Maret 2009 merupakan perusahaan yang melakukan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian. Fasilitas-fasilitas tersebut masih dalam tahap pembangunan dan belum beroperasi secara komersial.

04

Macmahon Labour Services

Macmahon Labour Services (MLS) berdiri pada tanggal 24 Juli 2020 dan merupakan perusahaan yang menyediakan tenaga kerja waktu tertentu dan jasa penunjang pertambangan. MLS telah mulai melakukan kegiatan operasionalnya pada tahun 2020 sebagai penyedia tenaga kerja pertambangan ke AMNT.

05

Amman Nusa Propertindo

Amman Nusa Propertindo (ANP) berdiri pada tanggal 30 September 2022 dan merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan termasuk keuangan, asuransi, pengembangan real estat dan hiburan. Pada saat ini ANP belum menjalankan kegiatan operasionalnya.